Tes Kesegaran Jasmani Indonesia
(Tkji)
Secara
pasti tingkat kesegaran jasmani hanya dapat diketahui melalui tes dan
pengukuran yang dilakukan oleh setiap orang. Bentuk tes dan pengukuran kesegaran
jasmani bermacam-macam.
Tes
adalah instrumen atau alat yang berfungsi untuk mengumpulkan data yang berupa
pengetahuan maupun keterampilan yang dimiliki oleh siswa maupun mahasiswa.
Sedangkan pengukuran merupakan bagian dari evaluasi yang menggunakan alat dan
teknik tertentu untuk mengumpulkan informasi secara tepat dan benar (Winarno,
2007:70-71).
Tes
Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) adalah suatu tolak ukur untuk mengukur
tingkat kesegaran jasmani yang berbentuk rangkaian butir-butir tes yang menjadi
salah satu tolak ukur dalam mengetahui tingkat kesegaran jasmani anak yang
digolongkan sesuai dengan umur anak tersebut. Tes kesegaran jasmani indonesia
atau yang biasa disebut dengan tkji terbagi dalam 4 golongan instrumen tes yang
dibedakan sesuai dengan golongan umur yaitu: 1) tes kesegaran jasmani indonesia
(TKJI) usia 6-9 tahun, 2) tes kesegaran jasmani indonesia (tkji) 10-12 tahun
dan, 3) tes kesegaran jasmani indonesia (TKJI) usia 13-15 tahun, 3) tes
kesegaran jasmani indonesia (TKJI) usia 16-19 tahun. Sesuai dengan tolak ukur
kesegaran jasmani, maka tolak ukur ini hanya berlaku untuk mengukur kesegaran
jasmani anak sesuai dengan golongan umur tersebut. Dengan demikian tolak ukur
ini tidak berlaku untuk mengukur kesegaran jasmani bagi mereka yang tidak
termasuk kelompok umur tersebut.
Pusat
kebugaran jasmani dan rekreasi menyusun rangkaian tes yang diberi nama tes
kebugaran jasmani indonesia (TKJI) yang kategorinya dikelompokan menjadi 4
kelompok
- Umur 6 s/d 9 tahun
- Umur 10 s/d 12 tahun
- Umur 13 s/d 15 tahun
- Umur 16 s/d 19 tahun
Kategori
dengan membedakan juga jenis kelamin dimana kategori putra dan putri. TKJI
merupakan battery test dimana terdiri dari
1.
Sprint
Sprint
atau lari cepat bertujuan untuk mengukur kecepatan. Kategori jarak yang harus
ditempuh oleh masing-masing kelompok umur berbeda.
Kelompok umur
|
Jarak
|
Keterangan
|
|
Putra
|
Putri
|
||
6
s/d 9 tahun
|
30
meter
|
30
meter
|
Pencatatan
waktu dilakukan dalam satuan detik dengan satu angka dibelakang koma.
|
10
s/d 12 tahun
|
40
meter
|
40
meter
|
|
13
s/d 15 tahun
|
50
meter
|
50
meter
|
|
16
s/d 19 tahun
|
60
meter
|
60
meter
|
Sedangkan
penilaian tesnya adalah:
Usia 6 s/d 9 tahun
|
Nilai
|
Usia 10 s/d 12 tahun
|
||
Putra
|
Putri
|
Putra
|
Putri
|
|
Sd -5.5 detik
|
Sd – 5.8 detik
|
5
|
Sd- 6.3 detik
|
Sd – 6.7 detik
|
5.6 – 6.1 detik
|
5.9 – 6.6 detik
|
4
|
6.4 – 6.9 detik
|
6.8 – 7.5 detik
|
6.2 – 6.9 detik
|
6.7 – 7.8 detik
|
3
|
7.0 – 7.7 detik
|
7.6 – 8.3 detik
|
7.0 – 8.6 detik
|
7.9 – 9.2 detik
|
2
|
7.8 – 8.8 detik
|
8.4 – 9.6 detik
|
8.7 - dst
|
9.3 - dst
|
1
|
8.9 – dst
|
9.7 – dst
|
Usia 13-16 tahun
|
Nilai
|
Usia 17-19 tahun
|
||
Putra
|
Putri
|
Putra
|
Putri
|
|
Sd -6.7 detik
|
Sd – 7.7 detik
|
5
|
Sd – 7.2 detik
|
Sd – 8.4 detik
|
6.8 – 7.6 detik
|
7.8 – 8.7 detik
|
4
|
7.3 – 8.3 detik
|
8.5 – 9.8 detik
|
7.7 – 8.7 detik
|
8.8 – 9.9 detik
|
3
|
8.4 – 9.6 detik
|
9.9 – 11.4 detik
|
8.8 – 10.3 detik
|
10.9 – 11.9 detik
|
2
|
9.7 – 11.0 detik
|
11.5 – 13.4 detik
|
10.4 – dst
|
12.0 – dst
|
1
|
11.1 - dst
|
13.5 – dst
|
2.
Pull-up
Pull-up
bertujuan untuk mengukur kekuatan otot lengan dan bahu. Untuk penilaian kelompok umur 06 – 09 tahun dan umur 10 – 12
tahun melakukan pull-up selama 60 detik dengan penilaian.
Usia 6 s/d 9 tahun
|
Nilai
|
Usia 10 s/d 12 tahun
|
||
putra
|
putri
|
putra
|
Putri
|
|
40 detik ke atas
|
33 detik ke atas
|
55
|
51 detik ke atas
|
40 detik ke atas
|
22 – 39 detik
|
18 – 32 detik
|
4
|
31 – 51 detik
|
20 – 39 detik
|
09 – 21 detik
|
09 – 17 detik
|
3
|
15 – 30 detik
|
08 - 19 detik
|
03 – 08 detik
|
03 – 08 detik
|
2
|
05 – 14 detik
|
02 – 07 detik
|
00 – 02 detik
|
00 – 02 detik
|
1
|
00 – 04 detik
|
00 – 01 detik
|
Untuk
kelompok umur 13 – 15 tahun dan umur 16
– 19 tahun, melakukan gerakan pull-up selama 60 detik. Penilaian putra dihitung
frekuensinya, sedangkan yang putri yang dihitung waktunya, masing-masing
penilaian sebagai berikut.
Usia 13 s/d 15 tahun
|
nilai
|
Usia 16 s/d 19 tahun
|
||
Putra
|
putri
|
Putra
|
putri
|
|
16 detik ke atas
|
41 detik ke atas
|
5
|
19 detik ke atas
|
40 detik ke atas
|
11 – 15 detik
|
22 – 40 detik
|
4
|
14 – 18 detik
|
20 – 39 detik
|
06 – 10 detik
|
10 – 21 detik
|
3
|
09 – 13 detik
|
08 – 19 detik
|
02 – 05 detik
|
03 – 09 detik
|
2
|
05 – 08 detik
|
02 – 07 detik
|
00 – 01 detik
|
00 – 02 detik
|
1
|
00 – 04 detik
|
00 – 02 detik
|
3.
Sit-up
Sit-up
bertujuan untuk mengukur kekuatan dan ketahanan otot perut. Kelompok umur 6-9
tahun dan 10-12 tahun melakukan selama 30 detik dengan kreteria penilaian
Usia 6 s/d 9 tahun
|
nilai
|
Usia 10 s/d 12 tahun
|
||
putra
|
putri
|
putra
|
Putri
|
|
7 kali ke atas
|
15 kali ke atas
|
5
|
23 kali ke atas
|
20 kali ke atas
|
3 – 16 kali
|
11 – 14 kali
|
4
|
18 – 22 kali
|
14 – 19 kali
|
07 – 12 kali
|
04 – 10 kali
|
3
|
12 – 17 kali
|
07 – 13 kali
|
02 – 06 kali
|
02 -03 kali
|
2
|
04 – 11 kali
|
02 – 06 kali
|
00 -01 kali
|
00 – 01 kali
|
1
|
00 – 03 kali
|
00 – 01 kali
|
Sedangkan
untuk kreteria penilaian kelompok umur 13-15 tahun dan 16-19 tahun yang melakukan selama 60 detik adalah
Usia 13 s/d 15 tahun
|
nilai
|
Usia 16 s/d 19 tahun
|
||
putra
|
Putri
|
putra
|
Putri
|
|
38 kali ke atas
|
28 kali ke atas
|
5
|
41 kali ke atas
|
29 kali ke atas
|
28 – 37 kali
|
19 – 27 kali
|
4
|
30 – 40 kali
|
20 – 28 kali
|
19 – 27 kali
|
09 – 18 kali
|
3
|
21 – 29 kali
|
10 – 19 kali
|
08 – 18 kali
|
03 – 08 kali
|
2
|
10 – 20 kali
|
03 – 09 kali
|
00 – 07 kali
|
00 – 02 kali
|
1
|
00 – 09 kali
|
00 – 02 kali
|
4.
Vertical jump
Tes
ini bertujuan untuk mengukur daya ledak otot tungkai. Ukuran papan sekala
selebar 30 cm dan panjang 150 cm, dimana jarak antara garis sekala satu dengan
yang lainnya masing-masing 1 cm. Papan sekala ditempelkan di tembok dengan
jarak sekala nol(0) dengan lantai 150 cm. Pertama berdiri menyamping papan
sekala dengan mengangkat tangan keatas ukur tinggi yang didapat, kemudian
lakukan lompatan setinggi mungkin sebanyak tiga kali, tiap lompatan dicatat
tinggi yang diperoleh kemudian ambil yang terteinggi, selisih antara raihan
tertinggi dengan pengukuran yang pertama saat tidak melompat adalah hasil
vertical jump. Dengan kreteria penilaiannya
Usia 6 s/d 9 tahun
|
nilai
|
Usia 10 s/d 12 tahun
|
||
putra
|
putri
|
putra
|
Putri
|
|
38 cm ke atas
|
38 cm ke atas
|
5
|
46 cm ke atas
|
42 cm ke atas
|
30 – 37 cm
|
30 – 37 cm
|
4
|
38 – 45 cm
|
34 – 41 cm
|
22 – 29 cm
|
22 – 29 cm
|
3
|
31 – 37 cm
|
28 – 33 cm
|
13 – 21 cm
|
13 – 21 cm
|
2
|
24 – 30 cm
|
21 – 27 cm
|
Di bawah 13 cm
|
Di bawah 13 cm
|
1
|
Di bawah 24 cm
|
Dibawah 21 cm
|
Usia 13 s/d 15 tahun
|
nilai
|
Usia 16 s/d 19 tahun
|
||
putra
|
putri
|
putra
|
Putri
|
|
66 cm ke atas
|
50 cm ke atas
|
5
|
73 cm ke atas
|
50 cm ke atas
|
53 - 56 cm
|
39 - 49 cm
|
4
|
60 - 72 cm
|
39 - 49 cm
|
42 - 52 cm
|
30 – 38 cm
|
3
|
50 - 59 cm
|
31 - 38 cm
|
31 - 41 cm
|
21 – 29 cm
|
2
|
39 - 49 cm
|
23 - 30 cm
|
Di bawah 31 cm
|
Di bawah 21 cm
|
1
|
Di bawah 39 cm
|
Dibawah 23 cm
|
5.
Lari jarak sedang
Lari
jaeak sedang dilakukan untuk mengukur daya tahan paru, jantung, dan pembuluh
darah. Jarak yang ditempuh bergantung pada kelompok umur masinmasing
Kelompok umur
|
Jarak
|
|
putra
|
putri
|
|
6 s/d 9 tahun
|
600 m
|
600 m
|
10 s/d 12 tahun
|
600 m
|
600 m
|
13 s/d 15 tahun
|
1000 m
|
800 m
|
16 s/d 19 tahun
|
1200 m
|
1200 m
|
Sedangkan kreteria
penilaiannya sebagai berikut
Usia 6 s/d 9 tahun
|
nilai
|
Usia 10 s/d 12 tahun
|
||
putra
|
putri
|
putra
|
putri
|
|
Sd 2’39”
|
sd 2’53”
|
5
|
Sd 2’09”
|
sd 2’32”
|
2’40”-3’00”
|
2’54”-3’-23”
|
4
|
2’10”-2’30”
|
2’33”-2’54”
|
3’01”-3’45”
|
3’24”-4’08”
|
3
|
2’31”-2’45”
|
2’55”-3’28”
|
3’36”-4’48”
|
4’09”-5’03”
|
2
|
2’46”-3’44”
|
3’29”-4’22”
|
Dibawah 4’48”
|
dibawah 5’03”
|
1
|
dibawah 3’44”
|
dibawah 4’22”
|
Usia 13 s/d 15 tahun
|
nilai
|
Usia 16 s/d 19 tahun
|
||
putra
|
putri
|
putra
|
putri
|
|
Sd 3’04”
|
sd 3’08”
|
5
|
sd 3’14”
|
sd 3’52”
|
3’05”-3’53”
|
3’07”-3’55”
|
4
|
3’15”-4’25”
|
3’53”-4’56”
|
3’54”-4’46”
|
3’56”-4’58”
|
3
|
4’26”-5’12”
|
4’57”-5’58”
|
4’47”-6’04”
|
4’59”-6’40”
|
2
|
5’13”-6’33”
|
5’59”-7’23”
|
Dibawah 6’04”
|
dibawah 6’40”
|
1
|
dibawah 6’33”
|
dibawah 7’23”
|
Untuk
kreteria kategori kebugaran kita harus menjumlahkan semua nilai dari lima item
tes tersebut kemudian cocokan dengan table berikut
no
|
Jumlah nilai
|
klasifikasi
|
1
|
22 – 25
|
Baik sekali (BS)
|
2
|
18 - 21
|
baik (b)
|
3
|
14 - 17
|
sedang (s)
|
4
|
10 - 13
|
Kurang (K)
|
5
|
05 - 09
|
Kurang sekali (KS)
|
Untuk
lebih memudahkan telah ada “tkji
calkulator“
Tes
TKJI ini memerlukan banyak tenaga, oleh sebab itu peserta tes harus dalam
keadaan sehat dan siap untuk melakukan tes. Hendaknya peserta tes mengerti dan
memahami cara pelaksanaan tes. Jika para peserta tes tidak dapat melaksanakan
satu jenis tes atau lebih dinyatakan gagal atau tidak mendapatkan nilai.
·
Tes kebugaran jasmani lari 2.4 km
cooper.
Tes
lari 2.4 Km yang dirancang oleh Cooper adalah salah satu bentuk tes lapangan
untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani seseorang. Peserta tes harus berlari
secepat-cepatnya menempuh jarak 2.4 Km. Lintasan Tes 2.4Km usahakan berstruktur
datar tidak bergelombang, tidak licin, tudak terlalu banyak belokan tajam.
Garis start untuk mengawali tes rancanglah sedemikian rupa hingga jarak finis
sama, artinya garis start sama dengan garis finis hal ini dilakukan untuk
memudahkan pengetes.
Waktu
tempuh yang dicapai oleh peserta tes dicatat dalam satuan menit dua angka
dibelakang koma. Waktu tersebut digunakan untuk memprediksi tingkat kebugaran
siswa dengan cara mengkonfirmasikan dengan table tingkat kebugaran jasmani
milik Cooper.
Tes
ini dilakukan untuk kelompok umur
1)
Kelompok laki-laki dan perempuan berumur
dibawah 30 tahun
2)
Kelompok laki-laki dan perempuan berumur
30 sampai dengan 39 tahun
3)
Kelompok laki-laki dan perempuan berumur
40 sampai dengan 49 tahun
4)
Kelompok laki-laki dan perempuan berumur
diatas 50 tahun
Peserta
yang melakukan tes harus dinyatakan sehat oleh dokter dengan mengenakan pakaian
olahraga yang nyaman dan sopan. Kemudian dilakukan pencatatan tinggi badan,
berat badan, dan denyut nadi. Setelah itu peserta tes berlari 2.4 Km dengan
ditandai dengan aba-aba pada saat itu stopwatch dihidupkan. Setelah mencapai
finis dengan kaki menginjak garis finis stopwatch dimatikan yang kemudian
diukur catatan waktunya dan setelah itu ditimbang kembali berat badan, diukur
tinggi badan dan denyut nadinya setelah berselang 15 menit diukur kembali
denyut nadinya.
Kategori
kebugaran jasmani untuk tes 2.4Km milik Cooper dibagi menjadi lima kategori
sesuai dengan kelompok umurnya.
Tes
kebugaran jasmani lainnya yang
dikembangkan oleh Cooper adalah tes lari selama 12 menit. Pada tes ini jarak
yang ditempuh oleh peserta tes tidak ditentukan, yang ditentukan adalah waktu
tempuh yaitu selama 12 menit selanjutnya jarak tempuh diukur setelah peserta
tes berlari selama 12menit.
Pelaksanaan
tes lari 12 menit dari Cooper ini memerlukan prosedur yang agak rumit, dimana
pesrta diharuskan berhenti ketika waktu 12 menit telah terlampaui, lalu mereka
perlu memberikan tanda dimana tempat berhentinya, untuk segera diukur jarak
hasil ditempuhnya. Jika peserta tes banyak maka perlu kejelian untuk mengukurnya.
Jarak
yang dicapai tersebut selanjutnya dikonfirmasikan pada table kategori
kebugaranjasmani untuk menetapkan status kebugaran peserta tes. Kategori tes
tersebut dibedakan berdasarkan ejnis kelamin dan kelompok umur.
Untuk
mengetahui berapa besaran VO2MAX peserta tes dapat dihitung menggunakan system
poinyang dikemukakan oleh Copper. Penghitungan poin mengunakan data jarak yang
ditempuh peserta tes selama 12 menit. Jarak tersebut harus diubah menjadi
satuan mil dimana satu milsama dengan 1609 mater. Kemudian dimasukan dalam
rumus :
Ket : m
= jarak yang ditemppuh dalam satuan meter.
·
Tes jalan lari 15 menit (tes balke).
Tes
jalan-lari adalah salah satu tes untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani atau
juga VO2MAX seseorang. Tes ini tergolong mudah pelaksanaannya karena memerlukan
peralatan yang sederhana. Antara lain :
1)
Lapangan atau lintasan lari yang jaraknya
jelas atau tidak terlaluy jauh, maksudnya adalah lintasan dapat dilihat dengan
jelas oleh pengetes.
2)
Penanda jarak atau bendera kecil untuk
menandai jarak lintasan
3)
Stopwatch atau alat pengukur waktu dalam
satuan menit.
Protokol pelaksanaan
tesnya adalah sebagai berikut ;
1)
Peserta tes berdiri digaris Start dan
bersikap untuk berlari secepat-cepatnya selama 15 menit.
2)
Bersamaan dengan aba-aba “Ya….” Peserta
tes mulai berlari dengan pencatat waktu mulai meng-ONkan stopwatch.
3)
Selama waktu 15 menit, pengetes member
aba-aba berhenti, dimana bersamaan dengan itu stopwatch dimatikan dan peserta
menancapkan bendera yang telah disiapkan sebagai penanada jarak yang telah
ditempuhnya.
4)
Pengetes mengukur jarak yang ditempuh
peserta tes yang telah ditempuh selama 15 menit, dengan meteran.
5)
Untuk menghitung besarnya VO2MAX pesrta
tes, jarak yang ditempuh oleh pesrta tes diamsukan dalam rumus :
Ket
: X = jarak yang ditempuh dalam
satuan meter
Jika
ingin mengetahui kategori tingkat kebugaran jasmani yang dimiliki cocokan
dengan table kebugaran dalam kategori Balke berikut:
Laki-laki
|
norma
|
perempuan
|
> 61.00
|
Baik sekali
|
> 54.30
|
60.90 s/d 55.10
|
Baik
|
54.20 s/d 49.30
|
55.00 s/d 49.20
|
Sedang
|
49.20 s/d 44.20
|
49.10 s/d 43.30
|
Kurang
|
44.10 s/d 39.20
|
< 43.20
|
Kurang sekali
|
< 39.10
|
·
Multistage fitnes test (MTF)
Pelaksanaan
tes dapat dilakukan dengan beberapa orang sekaligus, asalkan yang mengetes
dapat mencatat dengan tepat dan cermat setiap tahapan tes serta dapat
menghentikan dengan tepat sesuai dengan ketentuan. tes MFT sangatlah mudah
dilakukan karena dibandingkan dengan tes-tes kebugaran lainnya tes ini tidak rumit
dalam pelaksanaannya. tes ini mengukur koordinasi jantung, paru dan pembuluh
dara atau dengan kata lain Cardiovascular. ketika seseorang memiliki
Cardiovascular yang baik dan kuat maka kebugarannya dapat dikatakan kuat pula.
1)
Mekanisme Tes MFT
peserta
tes akan berlari sejauh 20M secara bolak balik. peserta yang tidak kuat akan
diberhentikan. dalam tes ini terdapat 21 tingkatan denagan 16 balikan semakin
tinggi tingkatannya maka semakin baik Cardiovascular orang tersebut.
2)
Beberapa Tindakan Pencegahan
Peserta
tes harus dalam kondisi sehat, dan apabila terdapat peserta tes yang kurang
sehat dapat melakukan konsultasi dengan dokter, perawat atau tenaga medis
lainnya.
Pengetes
perlu menggugah motivasi dan perhatian peserta test agar mereka dapat melakukan
tes dengan sungguh-sungguh. usahakan sedapat mungkin peserta tes berhenti
berlari ketika tidak dapat lagi menyesuaikan langkah dengan signyal yang
didiktekan lewat kaset.
3)
Perlengkapan Test
a.
Lapangan atau halaman untuk melaksanakan
tes. halaman yang dimaksud harus memiliki panjang lebih dari 22m dan lebar 1
sampai 1.5M. halaman tidak boleh licin, panas, tidak rata(berbatu) dengan
suasana yang teduh dan sejuk.
b.
Tape recorder, CD player tau pemutar
musik lainnya yang dapat memutarkan cassette penuntun MFT
c.
Kaset pendukung atau panduan MFT sebagai
pemandu melaksanakan tes MFT
d.
Alat ukur panjang untuk mengukur panjang
halaman atau lapangan yang akan digunakan sebagai Trek/lintasan lari MFT
e.
Tanda Batas Jarak dapat memepergunakan
Lakban, tali, atau pembatas lainnya yang dapat memmisahkan lintasan yang satu
dengan yang lain. disarankan menggunakan lakban agar peserta tidak tersandung
saat lari.
4)
Persiapan Pelaksanaan Test
- Ukur lintasan yang digunakan lari bolak balik sepanjang 20M, dimana kedua ujungnya diberi batas jarak.
- pastikan kaset atau CD pemandu MFT berada di awal.
5)
Persiapan Peserta Sebelum dan sesuda
Test
- Usahakan sebelum Tes Peserta tidak makan ataupun minum terlalu banyak. boleh makan namun yang ringan seperti roti ataupun camilan dengan jumlah yang sedikit.
- Peserta harus melakukan pemanasan atau pereegangan terlebih dahulu sebelum melakukan tes terutama otot-otot pada tungkai.
- Setelah melakukan tes peserta hendaknya melakukan pendinginan berupa berjalan ataupun melakukan cooling down
6)
Pelaksanaan Tes
a.
Hidupkan Tape atau CD panduan tes MFT
b.
selanjutnya akan terdenganr bunyi “TUT”
tunggal dengan beberata interval yang teratur
c.
Peserta tes diharapkan untuk sampai ke
ujung yang bertepatan dengan sinyal “TUT” yang pertama berbunyi untuk kemudian
berbalik dan berlari kearah yang berlawanana.
d.
Selanjutnya setiap satu kali sinyal
“TUT“ berbunyi perserta tes harus dapat
mencapai disalah satu lintasan yang ditempuhnya
e.
Setelah mencapai interval satu menit
disebut level atau tingkatan satu yang terdiri dari tujuh b alikan atau shuttle
f.
Selanjutnya mencapai interval satu menit
akan berkurang sehingga menyelsaikan level selanjutnya perserta harus berlari
lebih cepat
g.
setiap kali peserta tes menyelsaikan jarak 20m sosisis salahsatu kaki
harus menginjak atau melewati batas atau garis 20m.
h.
setiap peserta harus berusaha untuk
berlari selama mungkin sesuai dengan irama yang telah diatur oleh kaset atau
CD.
i.
Jika peserta gagal mencapai garis
pembatas 20m sebanyak 2 kali berturut-turut maka akan dihentikan atau telah
dinyatakan tidak kuat dalam melaksananakan tes MFT
sumber'e endi ndug???
BalasHapuskalo ngepost tu sekalian kasih dftar pustaka y...
sangat membantu sekali mbak postingannya tapi tolong sekalian disertakan daftar pustakanya ya mbak .. good luck!
BalasHapus